Iklan

" />

Pelepasan Balon ke Udara Warnai Hari Bhakti Imigrasi ke-73, di Kantor Imigrasi Sibolga

Redaksi
Friday 27 January 2023 | 23:25 WIB Last Updated 2023-01-27T16:27:45Z
Medantop.id, Sibolga - Hari Bhakti Imigrasi (HBI) merupakan peringatan mengenang sejarah panjang perjalanan pembentukan lembaga kemigrasian di Indonesia, dimana hal tersebut dimulai sejak pemerintah Hindia Belanda menyerahkan jawatan keimigrasian kepada pemerintah Indonesia pada tanggal 26 Januari 1950, dan diperingati setiap tahunnya. 


Memperingati HBI ke-73 Kantor Imigrasi Sibolga melaksanakan upacara peringatan yang bertempat di Halaman Kantor Imigrasi Sibolga pada Kamis (26/01). Dengan tema “Imigrasi Baru Untuk Indonesia Semakin Maju”. 

Dalam sambutan Menteri Hukum dan HAM RI, Yasonna H Laoly pada Hari Bhakti Imigrasi ke-73 Tahun 2023 yang dibacakan Kepala Kantor selaku Pembina Upacara Dr.Saroha Manullang, S.E., MM yaitu terkait agenda pembangunan nasional yang menekankan pada pengembangan SDM dan peningkatan ekonomi nasional menjadi salah satu yang akan menjadi prioritas bagi Imigrasi untuk dapat segera diwujudkan melalui berbagai inovasi dan kebijakan. 

Selain itu diharapkan Imigrasi dapat memberikan berbagai kemudahan untuk menarik investor-investor asing melalui Golden Visa dan memudahkan masyarakat dalam mengajukan permohonan melalui sistem yang sudah terkoneksi dan terintegrasi. Menteri Hukum dan HAM RI berpesan kepada seluruh insan Imigrasi untuk tetap patuh dan teguh dalam menjalankan fungsi yang diemban. Jadikanlah pekerjaan yang dijalani sebagai ibadah yang dipertanggungjawabkan.

Upacara peringatan HBI ke-73 tahun 2023 sedikit berbeda dibanding tahun lalu. Tahun ini, kegiatan diikuti oleh seluruh pegawai Kantor Imigrasi Kelas II TPI Sibolga  dan para undangan diantaranya FORKOPIMDA Sibolga-Tapteng yakni Dandim 0211 Tapanuli Tengah, Kapolres Sibolga, Kapolres Tapanuli Tengah, Ketua Pengadilan Negeri Sibolga, Kepala Kejaksaan Negeri Sibolga, Danlanal Sibolga, Perwakilan Korem 023/Kawal Samudera. Selai itu turut hadir Kepala Satker Kemenkumham wilayah Sibolga-Tapteng, Dharma Wanita Persatuan, Purna Bhakti Imigrasi Sibolga, dan undangan lainnya.

Pada peringatan HBI ini kali ini juga diberikan penghargaan kepada para pegawai serta instansi yang berkolaborasi terkait penegakan hukum keimigrasian “Pro Justisia” yang pertama kali dilakukan  sejak berdirinya Kantor Imigrasi Sibolga pada tahun 1969 yang diawali sebagai Pos Imigrasi Sibolga. Penghargaan ini diberikan berdasarkan surat keputusan dari Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Sumatera Utara. 

Adapun instansi penerima penghargaan dari Kantor Wilayah Kemenkumham Sumatera Utara antara lain Kepala Kejaksaan Negeri Sibolga Irvan Paham PD Samorsir, S.H., M.H, Ketua Pengadilan Negeri Sibolga Lenny Lasminar S, S.H., M.H., Kapolres Sibolga AKBP Taryono Raharja, S.H., SIK., MM, Kapolres Tapanuli Tengah AKBP Jimmy Christian Samma, SIK, Dandim 0211 Tapanuli Tengah Letkol Inf Jon Patar Hasudungan Banjarnahor, S.IP, dan Danlanal Sibolga Letkol Laut (P) Cahyo Pamungkas M.Tr Opsla.

Selain itu, pada peringatan HBI di Kantor Imigrasi Sibolga diputarkan video ucapan selamat Hari Bhakti Imigrasi  dari Kepala Daerah di wilayah kerja Imigrasi Sibolga, diantaranya Bupati dan Wakil Bupati Mandailing Natal, Bupati Tapanuli Selatan, Plt. Bupati Padang Lawas, serta OPD dan Kepala Instansi pemerintahan dari daerah yang menjadi wilayah kerja Imigrasi Sibolga yang meliputi 12 kota/kabupaten kota di Sumatera Utara

Setelah upacara selesai, dilanjutkan dengan pelepasan balon ke udara yang menambah serunya acara peringatan HBI ke-73 di Kantor Imigrasi Sibolga yang dilanjutkan dengan acara pemotongan tumpeng, ramah tamah bersama seluruh undangan yang hadir. Selamat Hari Bhakti Imigrasi ke-73 Tahun 2023 “Imigrasi Baru Untuk Indonesia Semakin Maju”

Penulis : Acid Shah
Editor : Yon
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Pelepasan Balon ke Udara Warnai Hari Bhakti Imigrasi ke-73, di Kantor Imigrasi Sibolga

Trending Now

Iklan

iklan