Iklan

" />

Lapas Klas IIB Tebingtinggi Bersama APH Geledah Blok Hunian WBP

Redaksi
Sunday 4 December 2022 | 08:25 WIB Last Updated 2022-12-04T01:26:11Z

Medantop.id, Tebingtinggi - Guna untuk mengantisipasi dan pencegahan peredaran narkoba, Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Kota Tebingtinggi, melakukan penggeladahan di seluruh kamar setiap blok hunian Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP), tujuannya guna mewujudkan Lapas klas IIB  bersih, bebas dari peredaran narkoba. Penggeledahan blok hunian tersebut dilakukan bersama tim gabungan dan stakeholder terkait, Jum'at malam 02  Desember 2022.

Petugas saat melakukan pemusnahan barang bukti  hasil  penggeledahan di kamar huni WBP, (Foto: Erwan Tanjung)


Kegiatan operasi ini melibatkan yaitu, Polres Tebingtinggi, Koramil 13-TT dan Badan Narkotika Nasional Kota (BNNK) Tebingtinggi, Sub-Detasemen Polisi Militer (Subden POM) I/1-1 Tebingtinggi.

Penggeledahan kamar hunian WBP ini dilakukan dalam rangka deteksi dini serta upaya pencegahan pelanggaran keamanan dan ketertiban agar Lapas dan Rutan dapat mewujudkan zero Halinar (Handphone, Pungli dan Narkoba).

Kegiatan ini dimulai dengan apel dipimpin langsung Kepala Lembaga Pemasyarakatan, Anton Setiawan pada pukul 20.00 WIB yang diikuti oleh seluruh jajaran struktural dan regu pengamanan beserta jajaran Polres, Koramil 13-TT, BNNK TT, Subden POM I/1-1 TT. 

Sebelum dilakukan penggeledahan, Kalapas Anton Setiawan memimpin apel seluruh petugas yang akan melakukan penggeledahan. 

Dalam amanatnya, Kalapas menyampaikan terima kasih atas sinergi yang berjalan antara Lapas Tebingtinggi dengan TNI, POLRI, dan BNN.

"Terimakasih atas berkenannya bapak bapak dari TNI, POLRI, dan BNN telah bersedia ikut melakukan penggeledahan gabungan di Lapas Tebingtinggi, Minggu 4 Desember 2022.

Kegiatan ini harus dilaksanakan sesuai dengan SOP dengan tetap mengedepankan nilai kesopanan agar terlaksana dalam keadaan aman dan kondusif serta fokus untuk mencari barang-barang terlarang dan berbahaya, seperti handphone atau alat elektronik, senjata tajam, dan obat-obatan terlarang," sebut Kalapas.

Dalam operasi gabungan ini dibagi menjadi 4 tim, tim pertama dipimpin oleh Kepala Seksi Bimbingan Anak/Didik dan Kegiatan Kerja (Kasi Binadik dan Giatja) Ronny S Hutapea, tim kedua dipimpin oleh Kepala Seksi Administrasi Keamanan dan Ketertiban Febrianto Sirait, tim ketiga dipimpin oleh Kepala Kesatuan Pengamanan Lembaga Pemasyarakatan Fransisco Pandia.

Dalam pelaksanaan penggeledahan gabungan kali ini, seluruh tim berhasil mengamankan dan menyita barang - barang terlarang yang masuk ke dalam Lapas. 

Namun dari hasil penggeledahan malam itu ,petugas berhasil menemukan puluhan anak mancis di dalam kamar blok hunian,sedangkan sasaran utama seperti narkotika yaitu,sabu atau pil ekstasi serta daun ganja tidak di temukan maupun handphone sama sekali, selanjutnya barang bukti puluhan mancis yang di temukan langsung disita dan dimusnahkan dengan cara di bakar,yang di pimpin langsung oleh Lapas di dampingi TNI, Polri dan BNN. 

Turut hadir dalam penggeledahan gabungan tersebut, Kepala BNNK Tebingtinggi AKBP. Alexander S. Soeki, S.Sos, Danramil 13 Tebingtinggi Kapten Yudi Candra, Dansubdenpom I/1-1 Tebingtinggi Kapten CPM. Nurdin Nasution, Kapolres diwakili Kabag Ops Kompol Yengki Deswandi S.H.


Reporter: Erwan Tanjung


Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Lapas Klas IIB Tebingtinggi Bersama APH Geledah Blok Hunian WBP

Trending Now

Iklan

iklan